Pengalaman Seleksi Beasiswa LPDP 2017




Berbicara tentang pengalaman seleksi seputar Beasiswa LPDP tahun 2017 ini merupakan kali kedua saya mendaftar beasiswa ini , Setelah sebelumnya saya tidak lolos saat mendaftar Beasiswa LPDP Batch 4 tahun 2016 lalu dengan tujuan negara jepang ( Luar Negeri) .

Seperti pengalaman pada umunya pada tahun 2017 seleksi beasiswa LPDP di bagi menjadi beberapa tahap, yaitu :
1. Seleksi Adminstrasi
2. Seleksi Assesment Online
3. Seleksi Subtansi
- Leaderless Group Discussion
- Essay On The Spot
- Interview

Seleksi Administrasi
Pada tahap seleksi administrasi ini ada beberapa berkas yang pelamar wajib dan harus penuhi,baik berkas untuk mendaftar Dalam Negeri maupun Luar Negeri, oke mari saya jelaskan untuk berkas-berkas keperluan pendaftaran Beasiswa LPDP :

Dalam Negeri
1. Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Keterangan Kesehatan dari Rumah Sakit Umum Daerah setempat
2. 2 Lembar Surat Rekomendasi (Bisa dari kepala daerah setempat, Rektor/Ketua kampus sewaktu kita kuliah S1, Dosen Pembimbing skripsi, Mentor magang/Kerja Praktek/PKL, Atasan bagi yang sedang bekerja) 
3. Sertifikat Bahasa Inggris, di bagi beberapa kategori :
- TOEFL ITP (min score 500)
- IELS (min score 5.5)
 4. Menulis 2 (dua) esai (masing-masing 500 sampai 700 kata) dengan tema:
- “Kontribusiku Bagi Indonesia: kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat/ lembaga/instansi/profesi komunitas saya”
- “Sukses Terbesar dalam Hidupku”;
- "Rencana Study";
Semua dokumen pada poin di atas wajib dibawa pada tahap seleksi substansi bila dinyatakan lulus seleksi administrasi.
5. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari jenjang studi sebelumnya dengan ketentuan: Sekurang-kurangnya 3,0 pada skala 4 atau yang setara bagi yang belum memiliki LoA Unconditional. IPK yang di bawah 3,0 dapat melakukan pendaftaran jika memiliki LoA. LPDP lebih memprioritaskan kepada pendaftar dengan IPK di atas 3,0.

Karena saya waktu seleksi LPDP tahun 2017 mendaftar Beasiswa Dalam Negeri jadi saya hanya menjelaskan teknis pendaftaran dalam negeri saja, Karena untuk pendaftaran yang Luar Negeri dari segi persyaratan tidak terlalu jauh berbeda, hanya saja yang membedakannya adalah persyaratan sertifikat bahasa inggris .

Persyaratan-persyaratan di atas harus di penuhi secara lengkap dan tidak ada batas toleransi , contoh : TOEFL saya cuma 499 , apakah saya bisa daftar ? sudah pasti tidak bisa .

Seleksi Assesment Online
Seleksi Assesement Online adalah sebuah seleksi baru dan pertama kali yang di rasakan oleh teman-teman pendaftar Dalam Negeri loh! . Seleksi Assesment Online sebuah seleksi psikotest berbasis online yang dimana peserta seleksi beasiswa LPDP di berikan beberapa pertanyaan terkait kepribadian .

Pada seleksi ini, saya yang mengikut seleksi beasiswa lpdp dalam negeri harus menerima kenyataan pahit di nyatakan "Tidak Lolos" dalam seleksi assesment online ini, dengan begitu saya tidak dapat melanjutkan seleksi beasiswa ini ke tahap selanjutnya, yaitu Seleksi Subtansi

Seleksi Subtansi
Peserta yang lulus seleksi Assessment secara online berhak mengikuti seleksi substansi yang terdiri dari wawancara, Leaderless Grup Discussion (LGD), On the Spot Essay Writing dan Interview

Dalam tahapan proses seleksi ini, peserta diwajibkan membawa seluruh data dan dokumen asli yang telah digunakan untuk pendaftaran beasiswa BPI. Apabila tidak menyerahkan data dan dokumen tersebut serta dokumen dan data tersebut tidak sesuai persyaratan yang berlaku di LPDP maka tidak diperkenankan mengikuti Seleksi Wawancara, Leaderless Grup Discussion (LGD) dan On the Spot Essay Writing.

Sekian dulu cerita pengalaman seleksi Beasiswa LPDP tahun 2017, masih ada dua cerita pengalaman seleksi beasiswa yang saya apply selama tahun 2017, nantikan cerita selanjutnya yaaa!!

Booklet dan Overview Beasiswa LPDP Kemenkeu 2017 selengkapnya bisa kamu baca di :  
Booklet LPDP Kemenkeu 2017
 

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Pengalaman Seleksi Beasiswa LPDP 2017"

  1. selain dari LPDP, terkadang ada beasiswa full dari kampus yang dituju (yg pastinya lebih sedikit saingannya), salah satunya beasiswa full dari universitas di taiwan ataupun dari pemerintah taiwan, dapat dibaca link di bawah ini juga ya…


    Cara Mendapatkan Beasiswa di National Central University (NCU) Taiwan


    Dokumen yang Dibutuhkan untuk Mendaftar ke NCU (Online)


    Nggak Mahal Kok! Ini Rincian Biaya Hidup Mahasiswa di Taiwan

    ReplyDelete