Cooperative Education Program




Halooo Selamat malam minggu para kaum “Jomblowers”
Setelah banyak yang mendesak , Untuk dapat menceritakan dalam bentuk Tulisan tentang “COOP” mulai dari Gimana bisa ikut, Siapa aja yang berhak ikut, Pengalaman nya apa saja dan sebagainya .
Malam ini saya akan sedikit berbagi cerita #AllAboutCOOP .
Tulisan ini saya buat untuk memberikan pengetahuan buat teman-teman diluar sana yang masih belum tahu dan mendengar apa itu COOP ? Selain itu juga saya berbagi pengalaman selama penugasan COOP saya ( 7 bulan dari Februari-Agustus 2014 ).
Dari awal sampai habis akan saya bahas kupas tuntas apa aja sih COOP itu ? Dan karena saya COOP nya di Chevron mungkin juga saya nanti akan banyak ngebahas tentang “Chevron”
Mungkin sebagian teman-teman disini , ada yang sedikit asing dengan kata COOP bahkan belum pernah dengar atau sama sekali tak pernah mendengarnya atau mengetahuinya .
Yuuk ditulisan ini saya akan kupas tuntas semua nyaa J
Jadiiiii ...... Jreng Jreng Jreng Prook Prook Proook
Apa itu COOP ?
COOP kepanjangan dari Cooperative Education Program yang dibuat oleh SKK Migas kaltim sejak tahun 2003 , Dimana ini sebuah program pemagangan selama 6 bulan di beberapa perusahaan minyak dan gas yang beroperasi di Kalimantan Timur yaitu Chevron, Total, LNG Badak, Pertamina & Vico . COOP Migas Kaltim sendiri dilakukan perecruitan setahun dengan dua periode angkatan, Karena dengan masa jabatan 6 bulan tersebut oleh dari itu , dalam setahun terjadi dua kali penerimaan .
Tujuan COOP Migas Kaltim sendiri bertujuan untuk menjembatani perguruan tinggi dengan dunia industri, Dengan harapan dapat memperkaya pengalaman sekaligus mengasah kemampuan mahasiswa di dunia kerja .
Kampus-Kampus mana saja di Kaltim yang berhak Mengikut COOP ?
Pada umumnya COOP Migas Kaltim ini memang di peruntukkan khusus hanya untuk teman-teman Mahasiswa yang ada di Kaltim ,Karena dari segi operasi perusahaan migas nya juga ada di Kaltim, Jadi lebih memprioritaskan temen-temen yang ada di Kaltim.
Untuk kampus yang biasa mengikuti program COOP ini dari berbagai angkatan , di antaranya ada beberapa nama kampus , seperti : Universitas Mulawarman, STIKOM Balikpapan, STT Migas , Universitas Balikpapan , Universitas Tujuh Belas Agustus Samarinda , STITEK Bontang dan beberapa kampus yang ada di Kaltim.Terutama yang memiliki jurusan akademik S1 .

Persyaratan Ikut COOP Migas Kaltim
Untuk dapat mengikut COOP Migas Kaltim , dengan beberapa persyaratan sebagai berikut, saya akan jelaskan dari segi administrasi dsb nya
Administrasi
1.       Harus Mahasiswa S1 semua jurusan di Perguruan Tinggi di Kalimantan Timur dan Status Mahasiswa Aktif
2.       Minimal semester 6 dan belum wisuda
3.       Min IPK 2,75
4.       Min bahasa inggris TOEFL 400 atau Nilai B.Inggris Skala 3 Min B
5.       Bersedia melaksanakan Tugas COOP selama 6 bulan
6.       Fotocopy KTM
7.       Fotocopy transcrip nilai
8.       Foto 3x4
9.       Formulir Pendaftaran COOP

Syarat utama nya 9 point di atas, setelah memenuhi kriteria di atas COOP Migas Kaltim pun ada beberap tahap test yaitu
Tulis
1.       IQ & Psikotes
2.       Bahasa Inggris
Non Tulis
1.       Wawancara
Teknisnya untuk dapat sampai lolos ke tahap wawancara anda harus “LULUS” terlbih dahulu dari tes Tertulisnya , Jika tidak Lulus maka kesempatan teman-teman untuk menjadi COOP bisa di coba untuk di test COOP di angkatan berikutnya .

Penempatan COOP dimana saja ?
Untuk penugasan dan penempatan COOP biasanya di lihat dari domisili Kampus-Kampus teman, Jika kampus kalian dari Balikpapan ( biasanya , sudah pasti ) akan di tempatkan di Chevron atau Total . Dengan catatn penempatan pemilihan perusahaan dan departement nantinya berdasarkan hasil tes tadi .
Tetapi tidak menutup kemungkinan beberapa teman-teman dari UNMUL di tugaskan di Balikpapan yaitu di Chevron & Total , dan tetapi ada juga yang dari UNMUL di tugaskan di LNG Badak Bontang
Saya sendiri sebagai penulis ditempatkan di Chevron Indonesia Company di Departemen Suply Chain Management/ Tender Admin
Balikpapan : Chevron dan Total
Bontang : LNG Badak
Muara Badak : Vico
Sanga-Sanga : Pertamina ( terakhir update sih taunya disini) Jadi yang lulus dan ditugaskan di Pertamina bakal di Pertamina Sanga-Sanga

Kalau ditanya, Pemilihan departement apakah sesuai Jurusan / Tidak ?
Jawabannya tidak pasti , terkadang ada beberapa teman-teman yang di tempatkan di departemen sesuai jurusan kuliah mereka , namun ada juga yang tidak. Tapi lebih banyak yang di tempatkan di departement yang tidak berhubungan dengan jurusan kuliah mereka. Disini point pentingnya karena dunia kerja nantinya ( beberapa ) itu tidak harus dengan background jurusan kuliah kalian .
Saya sendiri sebagai penulis mendapatkan departement yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah saya yaitu Teknik Informatika, sedangkan saya mendapatkan departement Suply Chain Management / Tender Admin dengan basic harus anak Hukum atau Manajement dan sejenisnya . Hehehe

Masa penugasannya berapa lama ?
Yang sudah pasti masa penugasan selama COOP adalah 6 bulan ,tetapi tidak menutup kemungkinan jika kinerja temn-teman bagus, masa penugasan teman-teman bisa ditambah 1-3 bulan lagi atau bahkan lebih lama lagi , Itu semua tergantung dari kinerja teman-teman terhadap departement kalian bertugas .
Saya sendiri , bertugas selama 7 bulan , 6 bulan sesuai kontrak awal satu bulannya, merupakan satu bulan tambahan. Karena pada waktu pergantian dari COOP angkatan saya test recruitment untuk angkatan berikutnya (angkatan yang menggantikan saya) di undur di bulan depan nya, Jadi mau tidak mau angkatan kami di perpanjang satu bulan lagi .

COOP ini programnya sampai kapan ?
Yang jelas selama beberapa perusahaan Multinasional yang beroperasi di Kalimantan Timur tersebut program COOP akan masih tetap ada.
Lalu apa bedanya COOP ? OJT ? Magang ? dan lainnya , apa yang membedakan program tersebut ?
Di sesi partanyaan ini saya membahas dari segi di perusahaan saya ( Chevron ) ya .
Perbedaan kami ( COOP ) dengan teman-teman OJT , Magang dan lainnya .
Dari sisi masuk dan penerimaan sudah beda, Kalau kami COOP harus pakai test layaknya test seperti masuk di dunia kerja , tetapi kalau OJT, Magang dsb nya itu menggunakan proposal penelitian , dimana mereka akan bekerja sesuai dengan “Judul Penelitian” mereka tersebut .
Lalu kami ( COOP ) juga terikat kontrak selama 6 bulan , beda halnya dengan OJT atau magang yang periodenya hanya 1-3 bulan saja ( rat-rata ).
Dari segi kerjaan juga ,kami ( COOP ) biasanya akan diberikan wewenang yang lebih untuk mengerjakan beberapa pekerjaan yang ada di departement kami . Dari beberapa pengalaman yang ada ini tidak berlaku buat teman-teman OJT dan Magang , mungkin pembatasan pekerjaan mereka lebih sedikit , mereka hanya fokus mengerjakan pekerjaan mereka yang memang benar-benar berhubungan dengan “Judul Penelitian” mereka .

Mungkin sesi dari segi COOPMigas Kaltim sudah cukup
Untuk next nya saya akan lebih banyak membahas COOP itu sendiri dari perusahaan saya COOP
Yaitu COOP Chevron Indonesia Company.
Awalnya , sebelum di tentukan di perusahaan mana saya akan COOP saya dulu bercita-cita COOP nya kalau di Total, Karena memang dulu saya masih polos , yang saya tau hanya Total ,waktu dulu dengar nama Chevron masih sedikit asing. Hehehe
Oke kalo gitu saya akan bahas .....

COOP Chevron Indonesia Company
Chevron Indonesia Company sendiri memilki tiga tempat yang ada di Indonesia yaitu di Pekanbaru ( SMO ) Jakarta ( JKO ) Balikpapan ( KLO )
Untuk COOP Chevron Indonesia Company dimana angkatan paling awal adalah COOP dari KLO ( Kalimantan Operations ) Karena memang dari program COOP Migas Kaltim tadi.
Lalu Chevron yang ada di SMO dan JKO ber inisiatif ikut juga membuat COOP Chevron ini untukdi Sumatra dan Jakarta .
Jadi karena saya sebagai penulis, terbilang masih angkatan baru , dan angkatan yang baru lulus juga, jadi saya sempat berkenalan dengan teman-teman COOP yang ada di Jakarta dan Sumatra .

Gimana sih proses recruitment nya ?
Selama saya bertugas sebagai COOP KLO saya sempat bercengkrama dengan teman-teman COOP Sumatra dan Jakarta , Jadi saya sempat bertanya kepada mereka bagaimana kalau mau ikut COOP yang ada disana ( Sumatra & Jakarta ) ?
Ok kita bahas satu – satu yaaa
Yang pertama COOP SMO ( Sumatra Operations )
Untuk COOP Sumatra sendiri hanya dua universitas yang boleh mengikut program ini yaitu Universitas Riau dan Poltek Caltex Riau , Karena memang dua kampus tersebut sudah memiliki kerja sama dengan Chevron Indonesia Company yang ada di sumatra tersebut ,
Kalau di tanya, Mahasiswa lain selain dua universitas tersebut, tetapi mahasiswa daerah sumatra juga boleh tidak ? Saya rasa tidak boleh , jadi memang dikhususkan untuk dua Universitas tersebut. Sama halnya dengan COOP Chevron Kalimantan hanya untuk di peruntukkan mahasiswa Kalimantan Timur .
Yang kedua COOP JKO ( Jakarta Operations )
Untuk recruitment COOP Chevron Jakarta saya tidak berani mempublishkan seperti apa mekanismenya dan teknisnya seperti apa ,
Namun saya dengan senang hati berbagi ilmu “Bagaimana proses COOP Jakarta ? “ Jika teman-teman ingin mengikuti program COOP Jakarta ?
Yang jelas programnya sama persis dengan yang ada di Kalimantan dan Sumatra , Hanya saja proses recruitmentnya yang sedikit berbeda .
Kalau mau tau gimana caranya ? Dengan senang hati menjawab pertanyaan teman-teman di EMAIL pribadi saya di kohardwi@gmail.cm :)

Apa saja KEUNTUNGAN nya kalau dapat tugas di Chevron Indonesia Company ?
Keuntungannya ? BANYAK ! Saya jelasin pelan-pelan keuntungannya apa saja.
Yang jelas keuntungannya yang sudah pasti , kalian selama bertugas akan berkomunikasi dengan orang-orang Chevron yang ada di jakarta dan sumatra terutama yang berhubungan dengan kerjaan. Entah kalian akan berkomunikasi intens dengan Employenya, Bussines Partner nya atau COOP nya
Yang jelas ini menambah jejaring teman-teman di dunia kerja nanti , ini juga akan menjadi track record teman-teman selama COOP, apalagi kalau selama bertugas kinerja teman-teman sangat bagus. Ini tidak menutup kemungkinan kalian bisa mendapatkan double Sertifikat “COOP” & “Terima Kasih Awards”
Untuk sertifikat “COOP teman-teman semua sudah pasti mendapatkannya , tetapi yang bisa mendapatkan “Sertifikat Terima Kasih Awards” biasanya hanya di departement-departement tertentu saja. Karena memang dari segi pekerjaan mereka lebih banyak , tanggung jawab dan loyalitas nya terhadap Mentor dan departement mereka bekerja .
Alhamdulillah saya sebagai penulis merupakan bagian dari 6 orang dari 23 orang (Angkatan COOP saya )  yang mendapatkan “Sertifikat Terima Kasih Awards” tersebut
Jadi kesimpulannya dalam satu angkatan yang bisa mendapaktn “Sertifikat Terima Kasih Awards” hanya beberapa saja tidak semua bisa mendapatkannya J
Tidak Cuma ituk, bisa masuk di Perusahaan Oil & Gas kelas dunia seperti Chevron Indonesia Company juga bisa menunjan karir teman-teman di dunia kerja nanti . Berdasarkan modal pengalaman teman-teman dan juga “Sertifikat” yang diberikan oleh perusahaan .
Selama bertugas teman-teman harus aktif untuk bertanya tentang “Ilmu baru” karena pada dasarnya kita belajar sambil bekerja, dan bekerja sambil belajar , Jadi tanyakan saja seputar pekerjaan kepada orang-orang dikantor , Mereka akan dengan senang hati menjawab nya .
Selain itu juga selama bertugas , kalau bisa harus menjalin komunikasi dengan mentor, dan beberapa pimpinan departement di tempat kamu bertugas , Karena ini nantinya mereka bisa menjadi recomanded ketika nanti kamu di dunia kerja . Meminta recomendasi dari mentor atau leader di departement kamu tugas.
 
Selama COOP bertugas di departement apa? Dan apa saja yang di kerjakan ?
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas , sebagai penulis saya bertugas di departement Suply Chain Management / Tender Admin Chevron KLO .
Departement apa itu ?
Jawabannya : dimana departement itu yang mengurusi pengurusan Lelang dan Kontrak lebih tepatnya bagiang Pengadaan Barang & Jasa
Saya sendiri di tugaskan di Tender Admin di bagian Loket ? Apa itu ?
Tender Admin merupakan departement pintu atau gerbang nya untuk perusahaan-perusahaan Service Company untuk bisa ikut lelang/tender yang ada di Chevron, Jadi tugas saya adalah sebagai Pelayan Publik ( dalam hal ini Vendor ) setiap hari nya saya melayani Vendor-Vendor yang ingin mendaftar lelang / tender yang ada di Chevron yang sesuai dengan bidang perusahaan mereka masing-masing atau Vendor-Vendor yang baru mau menjadi “Rekanan” di Chevron Indonesia Company .
Dan tugas lain saya juga melayani pembuatan beberapa document-document kebutuhan proses lelang atau tender yang ada di Chevron Indonesia Company .
Kalau di tanya “Jadi kohar sudah cukup paham, bagaimana proses sebuah lelang atau tender ?” sudah paham banget bisa dibilang terutama yang menyangkut tentang document Administrasi untuk pendaftaran lelan atau tender saya insya allah sudah hapal 90 %
Selain itu tugas saya juga membuat beberapa document-document kelengkapan sebuah Contract, kalau job ini saya dapatkan dari mentor saya, Cuma saya jarang banget mendapatkan job ini , Karena dari segi pekerjaan saya sudah terkuras di bagian Loket tadi dengan melayani Vendor-Vendor yang datang ke Chevron Indonesia Company.

Selama jadi anak COOP aktivitasnya selama di Chevron apa saja ?
Sebelum jauh kesana, saya ingin kasih tau dulu , Kalau COOP angkatan saya merupakan COOP angkatan 22 dan berjumlahkan 23 orang dan dari berbagai Kampus yang ada di Kaltim dan Departement kami ditugaskan .
Yang jelas kami ada satu forum namanya “Sharing Session” dimana forum ini di laksanakan setiap 2 minggu sekali di setiap hari jumat jadi dalam sebulan ada dua kali “Sharing Session” .
Sharing Session itu apa ? Sharing Session bisa di ibaratkan layaknya FGD ( Focus Group Discusion ) dimana di Sharing Session ini kami mempresentasikan departemen kami masing-masing , apa saja yang kami kerjakan dan berhubungan dengan apa saja departement kami . Untuk yang menjadi pengisi materi di sharing session setiap minggunya berbeda-beda .
Jadi ilmu yang di bagi juga berbeda-beda J
Selain itu juga selama COOP kami biasanya melakukan beberapa aktivitas bersama , bersama temen-temen COOP angkatan. Mulai dari Hang Out Bareng, Lunch Bareng, Nonton Bareng, Nongkrong Bareng , Liburan juga bareng .
Kalau tempat tongkrongan anak COOP biasanya di Mcd Lantai 2 atau enggk di bekapai atau melawai Hehehe .
Selama saya COOP kami sudah melakukan dua kali Liburan bareng, yang pertama Hang Out ke waterboom di Balikpapan Regency dan yang kedua Camping di Pantai Manggar
Ini salah satu foto kegokilan kami di waterboom Balikpapan Regency :)



Yang kedua di Pantai manggar

Kadang suka kangen kalo ngelihat foto-foto liburan kami, yang dimana biasanya kalo mau jam Lunch Chating Lync udah pada ribut nanyain “Pada makan siang dimana? Siapa aja yang pergi makan diluar ?” Kangen pertanyaan-pertanyaan kayak gitu .
Kalau gak pas malam minggu atau habis gajian ( Malam minggu ini atau malam ini jalan kah atau nonton ? )
Miss banget sih kalau ingat moment-moment selama COOP J
Mereka keluarga kecil ku selama 6 bulan kemarin  . Dan ternyata waktu yang memisahkan kami semua setelah 6 bulan bersama :’) hehe

Kayaknya sekin dulu cerit All About COOP , semoga yang membaca terinspirasi dan mau jadi bagian keluarga kecil kami COOP Chevron Indonesia Company J
Selamat membaca dan terima kasih sudah membaca tulisan saya J
Kalau ada yang mau ditanyakan seputar COOP saya dengan senang hati dan terbuka
Melalui email : kohardw@gmail.com
Atau socmed saya
FB : Qohar Dwi
Twitter : @QoharDwi
Salaam ! J

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Cooperative Education Program"

  1. Emank kalau hbs magang 6 bln gak ada perekrutan ?

    ReplyDelete
  2. hai kak, mau nanya lebih tentang coop chevron lewat fb atau email bole kak? salam kenal

    ReplyDelete
  3. Saya dari universitas Kutai Kartanegara, alhamdulillah dapat kesempatan untuk daftar. Yang ingin saya tanyakan,apakah kita setiap bulan gaji, sehingga biaya hidup disana ditanggung oleh gaji kita. Terima kasih. Wish me luck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di badak dapat tempat tinggal gratis, Kalau di PHM tidak. Tp tiap bulaan dapat gaji yg bisa nambaj2 uang kost dan sedikit uang jajan

      Delete
  4. Wah, terimakasih tlh sharing mengenai pengalaman nya brader. Informasi yg sangat bermanfaat. Apakah untuk join coop syaratnya harus mhs aktif ya? Yg udh lama tamat s1 ga bisa ikut? Salam kenal

    ReplyDelete