Ngeblog Mulai Darimane?

Hai ...
Lama tak berjumpa ...
Bagaimana kabar kalian setelah puasa dan Lebar-an?
Yang tadinya udah turun beberapa kilo, terus naik nya berkilo2 juga?
Hahahaha

Lama tak menulis dikarenakan sedang sibuk dengan Tugas Akhir
Tapi kebetulan siang ini lagi ada ide buat nulis, jadi gw tumpahin deh ide gue

Oke ...
Kali ini gw pengen jelasin soal gimana sih mulai ngeblog itu, mulai nya darimana dan bahan yg paling sederhana untuk memulai sebagai seorang blogger itu gimana

Yuk daripada kelamaan ....


 
Food Blogger
Nah sekarang ini lagi jamannya food traveler atau food hunter, jadi mungkin ini bisa jadi awal lo buat belajar nulis, belajae ngeblog kalo misal lo belum punya ide atau masih belajar gimana caranya menuangkan ide dalam bentuk tulisan .
Untuk jadi Food Blogger itu ga susah kok, tinggal lo foto makanannya terus lo review deh makanannya *Review = penjelasan* .
Simpel nya dalam satu topik makanan yg pengen lo review itu bisa jadi beberapa paragraf yg pada umum nya untuk blogger pemula sekitar 250 an kata menurut gw udh standard sebuah bacaan .
Nah apa aja sh yg bisa di review kalo di food blogger? Diantara nya makanan itu tempat jualnya dimana? Harganya berapa? Menunya apa saja selain makanan yg lo review itu, sampek Paklek nya siapa? Untuk yg terakhir hanya opsi guyonan saja hahaha .

Nah untuk yg kedua


Traveler blogger
Kalo yg ini agak sedikt ngeluarin gocek yg agak lumayan, sekalipun lo memakai sistem "backpackeran" man.
Ttp keluar duit lumayan kalo soal ini
Nah kalo traveler blogger apa aja sh yg bisa di review?
Mungkin berawal dari cerita lo liburan ke suatu tempat, yang mungkin tempat itu belum pernah di kunjungin orang banyak atau sekali pun sudah di kunjungi orang banyak tapi lo bisa menceritakan dari sisi lain, terutama dari sisi liburan versi lo.
Nah kalo traveler blogger itu yang bisa di review, mulai dari berangkat nya, destinasi nya kemana aja, terua keluarin duit berapa aja buat bisa kesini kesitu nya, dan kalo bisa ada littenary nya (buat yg sering backpackeran pasti tau littenary)
Nah terus apalagi selain itu? 

Mungkin lo bisa jadi


Konsultasal soal cinta
Nah kalo yg ini biasanya lebih ke perapektif lo sendiri, sudut pandang lo sendiri soal yg namanya "asmara" untuk di beberapa kasus tulisan ginian nih yg biasanya paling laris di baca oleh blog walking sebutan kami untuk para pembaca blo2 org lain.
Nah mngkin lo bisa sharing pengalaman lo, kalo bisa pointnya lebih banyak sharing nyaa ketimbang isi curhatan lo yg galau, yg ada orang malah ilfeel baca tulisan lo, karena hidup itu ga cuma soal galau2 an men .
Atau 

Bisa juga soal pelajaran hidup
Kalo soal ini lebih ke memotivasi berbagi tips, soal kesuksesan karir atau sekolah.
Kalo soal ini mungkin lebih ke memotivasi yang berniatkan menginspirasi ya, jadi jatuhnyaa nulisnya jangan sampai terkesan pamer .

Nah dari beberapa garis besar soal topik tulisan yg gw bilang tadi, dengan di asah nya "kerajinan" lo nulis, mungkin bisa berkembang jadi topik yg lainnya, mngkin soal kehidupan, soal kedewasaan dan lain sebagainya kayak web tulisan yg lagi buming sekarang (Hipwee)
Nah ga di pungkiri kontributor2 tulisan2 di hipwee itu yaa beberapanya dari anak blogger.
Dengan begitu semakin sering nulis, pelan2 menaikkan visitor blog lo, ketika ada manajemen media yg tertarik sama gaya tulisan lo, lo bisa di tawarin untuk nulis.
Entah itu ngereview atau pun ngerewrite (nulis yg sudah ada bahannya tinggal di review ulang).
Dan lo di bayar, nah soal bayar2 an ini sh variasi tergantung perjanjian lo dengan si pihak media
Dan sistem nulisnya gimana?
Apakah review?
Apakah nulis artikel?
Apakah nulis berita?
Apakah rewrite?
 
Nah itu ada 4 typical jasa tulisan yg bisa di tawarin ke media .
Gimana ? Tertarik buat jadi blogger?
Kalau nanya ngeblog itu mulai nya darimana?
Ya dari lo sendiri, karena memulai sebuah tulisan di blog itu ya, tergantung lo nya sendiri mau mengangkat tulisan tentang topik apa?
Ga ada ide ? Ga mungkib ah, manusia di kasih karunia sama yg di atas buat berpikir, bukan ga ada ide, tapi belum menemukan ide, cara menemukannya? Amati yg ada di sekitar lingkungan lo mulai pengalaman lo sendiri, bisa juga pengalaman orang lain.
Dasar2 nya nulis yg paling sederhana di jaman sekarang yg sedang di minati oleh pembaca adalah ketika berbicara tentang food,traveler, love,dan teknologi menrut gw 4 kunci tema utama yg sekarang paling di minati ya itu.
 
Dan selamat mencobanyaaa ...
Gw juga sendiri sebagai blogger yg ma

sih baru, yang masih sama2 belajar.
Yg gw sampaikan diatas itu menrut gw, tp entah dari temen2 pembaca apakah punya tambahan lain?
Silahkan coret2 dibawah ya ...
Sampai jumpa di tulisan berikut nya! :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ngeblog Mulai Darimane?"

Post a Comment