Research Student Iwate University

Halo, lama sudah rasanya tak bercuap-cuap di blog ini, Mungkin ini tulisan yang saya COPAS dari status FB saya, tapi so far semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat teman-teman, Selamat Membaca!


Sediit berbagi cerita saya yang pernah di terima di Departement of Computer and Information Sciences, Faculty of Engineering Iwate University International Office(岩手大学の国際交流) as a Research Student, Jepang .
Kisah ini bermula saat saya masih di TEST-English School saat saya masih student Integrated .
Setiap hari minggu saya menghabiskan waktu hampir 10-12 jam untuk mencari kontak professor di setiap masing2 kampus di jepang, yang dimana kontak professor itu sesuai peminatan saya untuk bisa lanjut sekolah disana dengan bidang Database dan Big data. Tapi, waktu itu saya tidak menutup kemungkinan untuk dapat belajar hal baru diluar lingkup dari Big Data dan Database.
Hal ini saya lakukan, karena ada beberapa professor yang membalas email saya, professor tersebut bukan di bidang database dan big data, melainkan diluar dari itu (ini semacam tantangan buat saya). Salah satunya professor dari Iwate University ini yang merupakan professor (Kepala Lab untuk Augemented Reality) n
Oke saya ceritakan step by step ya gimana proses buat dapatin professornya .

1. Tentukan Bidang Peminatan
Untuk hal ini kamu harus punya fokus terlebih dahulu bidang apa yang ingin kamu ambil, contoh seperti saya jurusan IT kala itu bidang yang saya ingin ambil adalah Big Data dan Database.

2. Cari Kontak Professor
Nah untuk step ini, kamu bisa cari kontak professor tersebut di website jurusan kampusnya, disini lengkap banget dari nama professor, Lab. yang professor tangani, sampai bidang yang di pegang oleh professot tersebut. Untuk website kampus di jepang yang ada di list (LPDP) itu sudah hampir semuanya ada versi bahasa inggrisnya, jadi gausah takut kalo ga bisa bahasa jepang.

3. Kontak professor
Nah di step ini silahkan kontak langsung professor yang bersangkutan sesuai dengan bidang yang kamu minati, Tapi untuk di step ini harap bersabar, beberapa professor ada yang membalas email nya cepat dan ada yang balasnya lama (dari pengalaman saya) . Dan hal paling pahitnya, Kalau Email kamu tidak dibaca sama sekali oleh si professor tersebut, atau email kamu hanya di baca tapi tidak dibalas (mungkin di Lab. Professor itu) tidak sedang menerima student, harap bersabar!

Berikut step by step untuk mengontak professor

a. Kontak Professor dengan memperkenalkan diri :




b. Kemudian si professor membalas email kamu, lalu meminta beberapa persyaratan document, seperti yang ada di foto ini, professor meminta beberapa persyaratan document kepada saya




c. Lalu saya mengirimkan berkas yang di minta oleh professor


d. Setelah saya mengirimkan beberapa berkas yang di minta oleh professor, Kemudian professor membalas dengan menyuruh saya menunggu untuk memutuskan apakah saya di terima di Resaerch Lab nya dia apa tidak



e. Dan Viola! Professor membalas email dengan, menyutujui saya sebagai Mahasiswa Research di Lab. yang di pimpin



4. Konsultasi
Untuk di step berikutnya silahkan konsultasi dengan professor (yg membalas) email kamu, Konsultasi disini dalam hal artian, kamu bakal di minta oleh professor untuk membuat Research Plan kamu, Tentunya research plan kamu harus sesuai dengan bidang peminatan professor tadi.
Di kasus saya, saya bisa di terima di Iwate University butuh waktu sekitar kurang lebih 2 bulan berkomunikasi sama professornya, dari screening document sampai research proposal saya di nilai oleh si professor

Perlu di ketehui, untuk bisa masuk di perguruan tinggi di jepang, Hal pertama yang kamu lakukan adalah harus punya Pembimbing/ Professor terlebih dahulu dengan cara mengontak Professor untuk bisa jadi Pembimbing kamu nantinya, Setelah mendapatkan professor yang setuju (mau mengambil kamu sebagai mahasiswanya) masih ada beberapa step lagi untuk bisa masuk di kampusnya, seperti melengkapi kelengkapan berkas dan mengikuti ujian masuk universitasnya .
Di beberapa kampus ada yang harus mengikuti ujian masuk universitas (walaupun kita sudah punya professor/pembimbing) ada juga yang tidak Seperti Waseda (yang hanya screening document untuk mahasiswa internasional) dan Osaka ( screening document + interview via skype)
Selain itu, di Jepang ada beberapa cara supaya bisa keterima di kampusnya. Ada yang harus jadi research student dulu ada yang bisa langsung jadi Graduate Student (Mahasiswa S2)
Apa sih bedanya? Research Student dan Graduate Student?

Research Student / Mahasiswa Lab = Mahasiswa yang di terima oleh seorang professor disebuah Lab. Kampus yang di pimpin oleh professor tersebut, Di Research Student ini status kita belum bisa di katakan sebagai bagian dari Graduate Student di kampus itu, atau istilah sederhananya kita magang. Dan waktu Research Student itu bisa 6 bulan sampai 1 tahun. yang dilakukan apa saja? yang pasti membantu penelitian yg professor sedang kerjakan, atau mengerjakan penelitian baru. Selain itu di Research Student jg kita bisa dapat persiapan lebih matang sebelum nantinya masuk jadi Graduate Student di kampus.

Nah kalo Graduate Student = Mahasiswa S2 yang sudah pasti di terima disebuah kampus, Bisa jadi untuk di level Graduate Student ini ada yang di tempus harus jadi Research Student dulu, ada yang langsung tanpa jadi research student dulu
Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya, dan riset saya selama kurang lebih 4 bulan dalam mencari professor, setidaknya untuk kampus2 yang ada di list LPDP professornya sudah saya email in semua untuk di bidang saya di tambah beberapa kampus di luar dari list LPDP .
Silahkan coret2 dibawah jika punya pengalaman lain, diluar dari yang saya ceritakan.
Dan feel free to ask buat yang pengen tanya2 dan masih bingung
Salam
Qohar Dwi
Samarinda, 2 Agustus 2016
Ditulis sehabis ngeplay dota 1 game hehe

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Research Student Iwate University"