Dari Hati Menginspirasi Untuk Negeri

Selamat malam,

Izinkan saya untuk bercerita sedikit tentang apa yang ada dari tagline dari judul tulisan ini "Dari Hati Menginspirasi Untuk Negeri" . Mungkin tulisan ini tidak akan begitu menarik dibandingkan para penulis terkenal seperti Tere Liye yang begitu syahdu dengan syair kata yang ia buat, atau mungkin Raditya Dika yang begitu padu dengan tulisan lucunya soal cinta atau kehidupan.

Izinkan saya berbagi cerita sedikit dari apa yang sudah saya kerjakan bersama teman-teman di bulan November 2016 kemarin. Perlu di ingat jangan terlalu berharap lebih sama tulisan ini, saya hanya membagikan keceriaan senyuman adik-adik Sekolah Dasar di beberapa sekolah yang ada di Kota Bontang. Senyuman polos atau keceriaan yang sederhana dalam memiliki mimpi atau cita-cita yang beragam.


Sabtu 12 November 2016, hari dimana Kelas Inspirasi Bontang Batch 1 di selenggarakan. Aku ingat betul di pagi sabtu ceria itu aku berangkat dari rumah pukul 6 pagi. Berharap sampai di sekolah sebelum jam 7 kurang. Karena kami merencanakan kalo upacara akan di mulai 07.15 paling ngaretnya jam 7.30 . Jadi saya dan teman-teman Fasilitator & Inspirator berjanjian untuk langsung ke lokasi Sekolahan kami yaitu Sekolah Dasar 001 & 002 Kanaan Bontang Barat.


Aku pun ditugaskan menjadi fasilitator untuk tim pengajar di Sekolah Dasar Negeri 002 Bontang Barat. Tugasku disini adalah mendampingi para profesional dan memenuhi kebutuhan mereka untuk hari H Kelas Inspirasi. Kami bekerja sama selayaknya 1 tim, merundingkan masalah bersama, dan menyusun serangkaian kegiatan Kelas Inspirasi SDN 002 agar benar-benar dapat menginspirasi adik-adik disana.

12 November 2016
Hari inspirasi Kelas Inspirasi Bontang Batch 1 pun tiba. Kami menyebutnya Hari Inspirasi karena pada hari itulah semua yang sudah kami siapkan kurang lebih 3 minggu persiapan. Mulai dari Boothcamp (bertemunya seluruh Relawan dan Pihak perwakilan sekolah), Briefing (Penyampaian Teknis untuk pelaksanaan hari H inspirasi 12 November 2016) dan persiapan rapat-rapat kecil lainnya yang kita lakukan setiap malam selepas kami menyelesaikan kesibukkan masing-masing.



Perlu di ingat kegiatan ini memang murni bersifatkan volunteering atau versi bahasa indonesianya adalah murni kegiatan relawan. Oleh karena itu tidak ada paksaan dalam melaksanakan kegiatan ini, Namun kami kembali ke semangat awal dan tujuan kami untuk bisa ada di tim Kelas Inspirasi Bontang Batch 1 ini untuk apa?

Upacara Pembukaan Kelas Inspirasi Bontang SD 001 & 002 Bontang Barat
 Sudah lama rasanya tidak mengikuti upacara bendera. Terakhir saya mengikuti upacara bendere ketika dulu mengenakan seragam putih abu-abu. Dengan hikmat kami mengikuti upacara bendera seperti upacara pada umumnya .

 

Tim kami ( Sekolah Dasar 002 Kanaan Bontang Barat ) terdiri dari 3 Fasilitator : saya sendiri, Yola dan Bang Yasman. Sementara untuk tim Inspiratornya sendiri ada 5 inspirator : Kak Sarah (Profesi sebagai Dokter) Kak Wiwik (Profesi sebagai Pengusaha Kue) Kak Daus (Profesi sebagai Engineering) Kak Asnan (Profesi sebagai Safety Officer) Kak Sayid atau biasa kita panggil abi ( Profesi sebagai Pengusaha Baju Batik Khas Bontang ).

Kak Sarah Si Dokter Cantik
Kak sarah yang merupakan alumni Dokter UGM sedang mempraktekkan cara mendeteksi tekanan jantung layaknya seperti pasien yang sedang berobat di rumah sakit pada umumnya. Tidak terduga si kakak cantik ini yang cukup menarik perhatian adik-adik Sekolah Dasar karena alat yang menggantung di lehernya itu *nunjuk stetoskop*




Kak Wiwik si Pengusaha Kue

Kak wiwik merupakan salah satu pengusaha kue yang ada di Bontang. Sedang mengajarkan cara membuat kue dengan memberikan mayones pada kue agar lebih nikmat . Perhatian adik-adik pun cukup tersedot kepada kakak satu ini karna ingin mencoba langsung gimana cara membuat kue yang baik dan enak tentunya.



Kak Asnan seorang Safety Officer
 Kak Asnan yang bekerja di salah satu perusahaan BUMN di Bontang yang berprofesi sebagai Safety Officer. Mengajarkan adik-adik betapa pentingnya "safety" itu. Seperti qutes yang dulu saya pernah pakai waktu saya magang di salah satu perusahaan Oil n Gas "Do it safely or Not all" . Safety itu penting terkadang hal sepele pun bisa jadi berbahaya kalau kita tidak melakukan secara safety



Kak Daus sang Egnineer
Kak Daus merupakan salah satu engineer di perusahaan BUMD yang ada di Bontang, dia mengajarkan ke adik-adik apa itu Engineer? dan apa yang ia kerjakan? bagaimana dia bisa jadi Engineer seperti sekarang ini? dan sebagai nya 




Kak Abi yang khas dengan Kuntul Perak nya
Kalau kalian orang Bontang asli, pasti sudah tidak asing dengan kakak ini. Ia merupakan founder dari Batik Kuntul Perak (Batik khas Bontang, Kalimantan Timur) Perhatian adik-adik cukup terhipnotis ketika kak abi mengajarkan cara "Mencanting Batik" atau seperti melukis di kertas .


Penutup


Aku selalu bersyukur dipertemukan dengan tim SDN 0002 Bontang Barat dan Kelas Inspirasi Bontang. Aku belajar banyak selama menjadi fasilitator para profesional luar biasa ini. Saat itu aku belajar bahwa kebahagiaan tak melulu soal materi dan juga kebahagiaan akan semakin terasa apabila kita mau berbagi.
Aku belajar untuk senantiasa bersyukur dengan apa yang aku punya, karena ternyata memang benar kebahagaiaan bukanlah karena kita memiliki semuanya melainkan bersyukur atas apapun yang kita miliki sekarang. Belajar untuk terus menebar manfaat sebanyak-banyaknya dan jangan berhenti memberi.


 Aku juga belajar mengenai ketulusan dari para profesional luar biasa itu. Mereka rela meluangkan waktu kerja mereka untuk menginspirasi adik-adik di pinggiran kota, membuka jendela mereka kalau ternyata aada banyak sekali profesi yang ada, profesi bukan hanya guru dan dokter dan mereka bisa menjadi papun yang mereka mau. Para profesional ini bahkan rela bersusah susah menyiapkan kebutuhan mengajar, mengikuti briefing, dan melakukan yang terbaik untuk dapat menginspirasi adik-adik saat Hari Inspirasi.

Terima Kasih Kelas Inspirasi Bontang Batch 1 dan terkhusus Tim Sekolah Dasar 001 & 002 Bontang Barat. "Dari Hati Menginspirasi Untuk Negeri"

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Dari Hati Menginspirasi Untuk Negeri"

Post a Comment