Soal Puasa Pertama tidak bersama Keluarga

Disocial media mulai rame yg curhat soal ini...
Curhat tentang puasa yg tidak bersama keluarga dan sebagai nya ...

Agak lucu sama yg ngeposting "puasa pertama ga sama orang tua malah di kota rantauan dan bla bla nya"
Mungkin mereka belum dibiasakan mandiri sama orang tuanya dlu waktu kecil.

Kalau kamu sudah punya komit pengen ngerantau di kota orang untuk kuliah, tinggalin rasa 'manjamu' .
Explore rasa mandirimu sejauh mana .
Bukan ngerasa paling sok mandiri atau gimana, tahun 2014 itu dimana aku sendiri ngelewatin beberapa moment penting keluarga, karena balik ke tadi saya sudah komit mengambil kesibukkan ini.

Ditahun 2014 juga saya tidak menghadiri satu acara yg cukup sakral bagi keluarga kami sebagai suku jawa, Kakak kandung saya sendiri nikah di tahun 2014 dan kebetulan untuk acara sakral nya ( Ijab Kabul ) Nikahan nya di jawa jadi satu keluarga saya pada pulang kejawa.

Dan sekalian pulang kerumah mbah yg ada di jawa dan nyekar ke makam nya mbah.
Iri? Sedih? Pasti! Tapi saya sudah niatkan atas apa yg sudah saya ambil untuk menjadi kesibukkan saya.

Yang kedua puasa tahun lalu saya hampir full di kota rantauan saya di balikpapan. Sekitar H-2 Lebaran saya baru pulang.
Berasa "anak yg durhaka" ? Saya rasa tidak. Orang tua saya sudah cukup sering mengajarkan saya tentang arti kemandirian.
Karena orang tua saya tau, saya sedang mengejar cita2 saya, saya sedang merintis apa yg sudah menjadi komit saya.

Terus yg lebih sedih lagi, bagaimana mereka2 yg mhon maaf sebelumnya (mereka2 yg sudah tidak lengkap lagi orang tua nya?)
Bersyukurlah! Jangan pernah selalu merasa kekurangan!
Karena 'cuma' gabisa puasa an pertama dengan orang tua dsb nya .
Masih banyak saudara2 kita yg kurang beruntung diluar sana.

Yang ingin saya jelaskan disini, bukan saya mengajari. Tetapi hanya berbagi kalau memang sudah niatan untuk 'merantau' sampingkan dulu 'manjanya'
Sampingkan dulu segala 'homesicknya' kejar dulu semua yg menjadi tujuanmu di awal (Kuliah dan sukses di kota orang)
Sekali lagi saya jelaskan disini saya tidak bermaksud untuk menyombongkan diri, tetapi hanya ingin mengingatkan soal 'Rasa Bersyukur' soal 'Kemandirian' .

Karena saya tau saya bukan makhluk yang sempurna saya cuma manusia biasa.
Sampai jumpa ditulisan lainnya ...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Soal Puasa Pertama tidak bersama Keluarga"

  1. berarti tahun ini puasa di balikpapan ya gan? yang betah ya di balikpapan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa gan puasa annya di kota rantauan :) hehehe

      Delete